3 Tipe Customer Pemesan Souvenir Pernikahan
Kali ini saya akan coba sharing pengalaman saat menghandle order Souvenir Pernikahan yang ditangani oleh TASYA SOUVENIR. Ada beberapa pengalaman yang setidaknya harus diperhatikan dengan seksama buat Anda yang saat ini sedang mempersiapkan resepsi pernikahan.
Kisah Pertama,
Ini kisah calon mempelai yang memiliki persiapan cukup matang. Tipe orang yang pertama ini biasanya mempersiapkan segala sesuatunya dengan cukup detail dan tertata rapi, termasuk juga dalam memilih souvenir pernikahannya. Keputusan untuk memilih souvenir unik atau souvenir murah yang akan dipakai dalam resepsi diperhitungkan jauh-jauh hari.
Biasanya mereka mempersiapkannya 8 bulan hingga 1 tahun sebelum Hari-H acara..! Jangan kaget, ini memang beneran. Jadi misalkan resepsinya di tanggal cantik 12-12-12, maka pesen souvenir pernikahannya bisa dari sekarang..!
Pertimbangannya simpel. Biar mereka tidak memikirkan souvenir saja, bisa memikirkan hal-hal yang lain, hasil souvenirnya bisa maksimal kualitasnya (sebab waktu pengerjaannya cukup panjang dan tidak mendesak), serta space waktu pengirimannya juga masih memadai.
Kisah Kedua,
Pada kisah kedua, ini masuk pada tipe orang yang 'kemrungsung' atau 'grusa-grusu'. Halaaaaaahhhh... Saya gak nemu padanan kata yg pas. Intinya sih persiapannya agak kurang matang, kurang tertata rapi, dan banyak hal-hal kecil yang terlewatkan.
Biasanya yang sering terlewatkan adalah untuk memesan souvenir nikah atau bahkan undangan pernikahannya..!
Bahkan saya di TASYA SOUVENIR, pernah mengerjakan order yang mission impossible. Hari-H kurang 1 minggu namun souvenir perkawinannya belum dipesan..!! Blaikkkkk.... Bener-bener mission impossible. Dikurangi waktu untuk ekspedisi, praktis waktu pengerjaannya menjadi lebih sempit lagi.
Sebenernya order sudah saya tolak, namun si customer memaksa pesan sebab sudah cari kesana-kemari tidak ada yang mau dipeseni souvenir. "Yaiyalahhhh...Lha mepet sekali waktunya"
Akhirnya saya sepakati dengan catatan apabila barang terlambat sampai karena faktor ekspedisi atau force majour saya tidak mau bertanggungjawab. Namun syukurlah, untuk order tersebut bisa sampai tepat 1 hari sebelum Hari-H..!
Kisah Ketiga,
Pada kisah yang ini juga bikin mangkel saya. Kenapa? Sebab, terjadi perubahan tanggal Hari-H (bahkan tanggalnya maju lebih cepat), namun si customer tidak mengkomunikasikan sama sekali mengenai perubahan tanggal Hari-H nya tersebut...!
Bila Hari-H nya mundur itu malah tidak apa-apa, namun bila tanggal Hari-H nya maju ini yang berabe. Sebab secara otomatis waktu saya buat menyiapkan souvenir pernikahan itu menjadi lebih pendek, dan dipangkas lagi buat waktu pengiriman.
Mau tidak mau akhirnya malah membebani ongkos produksi, sebab harus nambah jam kerja (nglembur). Maksudnya, misalnya per hari target awal bisa menyiapkan 50 pcs, karena waktu menjadi maju, akhirnya dipaksa buat menyiapkan 100 pcs. Untuk mengejar quantity produksi, otomatis menambah jam kerja atau menambah tenaga outsourcing. Dan itu sama saja dengan COST/DUIT.
Namun kadang si customer tidak mau tahu, sebab mereka merasa sudah membayar..!! Lhaaaaa....
Nah......
Ada bermacam-macam TIPE CUSTOMER YANG MEMESAN SOUVENIR PERNIKAHAN. Buat Anda yang saat ini sedang mempersiapkan untuk resepsi pernikahan, serta sedang mencari-cari souvenir pernikahan unik untuk acara tersebut, saya sarankan jadilah customer tipe pertama saja.
Siapkan sedini mungkin. Catatlah semua kebutuhan dan keperluan semua yang berhubungan dengan acara resepsi. Dan pesanlah jauh-jauh hari sebelum Hari-H berlangsung. Selain agar hasil souvenir pernikahannya bisa maksimal, juga bikin tenang dihati.
Semoga bermanfaat...
Salam Souvenir,
Klaten 2 Februari 2012
Hatta N Adhy PK,ST
Owner dan Founder
www.tasya-souvenir.com | Souvenir Specialist..!
www.boneka-souvenir.com | Spesialis Souvenir Boneka Adat
www.sandalklumut.com | Aneka Sandal Karakter Lucu Unik
www.hiasan-natal.com | Bisnis Hiasan Pohon Natal
www.souvenirpernikahanmurahku.com | Referensi Blog Dunia Souvenir
HP. 0856 2827 893 | 0852 2803 8000

















